Selasa, 22 Maret 2011

Seminar Metodologi dan Usulan Penelitian (210311)

Alhamdulillah...

Itulah kata yang terucap begitu seminar telah usai. Kemarin tepat tanggal 21 Maret 2011 (injury time menjelang batas waktu akhir seminar tanggal 24 Maret) akhirnya saya dapat maju mempresentasikan proposal penelitian saya. Meskipun diawali grogi dan ketegangan, terutama saat "orang spesial"-saya secara tiba-tiba hadir di ruangan (terima kasih Mocici surprise-nya sudah jauh-jauh datang dari Bogor ke Bandung ^_^), namun berakhir dengan sukses. Apalagi melihat pengorbanan dosen pembimbing saya (Ibu Dr. Retno Gumilang Dewi) yang tetap berusaha datang mendampingi meskipun kondisi beliau sedang kurang sehat, membuat saya harus tampil semakin baik. Terima kasih banyak Bu.

Topik penelitian saya berjudul "Simulasi Aliran Fluida dalam Fractures/Cleats pada Proses Enhanced Coalbed Methane (ECBM)". Secara umum, tujuan penelitian saya adalah melakukan simulasi aliran fluida dalam fractures/cleats lapisan batubara untuk produksi coalbed methane (CBM), namun proses produksi yang terintegrasi dengan aplikasi proses Carbon Capture and Storage (CCS). Disamping melakukan mitigasi emisi karbondioksida (aplikasi CCS), juga untuk enhancement produksi gas CBM, atau enhanced coalbed methane (ECBM).
 

Inilah beberapa moment hari-H seminar :)

(saat presentasi seminar)
 
  (setelah seminar foto bersama dengan teman-teman)
 
 (saya dan "orang spesial"-saya)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar