Kamis, 14 April 2011

Lezatnya makanan di atas udara :)

Sudah cukup lama saya tidak aktif kembali menulis dalam blog ini. Dalam kesempatan ini saya akan coba membagi pengalaman saya saat kemarin (130411) mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi perusahaan catering service penerbangan, yakni PT. Aerowisata Catering Service (PT. ACS).

PT. ACS merupakan unit usaha dari PT. Aerowisata yang juga anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak dalam bisnis catering untuk penerbangan. PT. Aero Catering Service mulai beroperasi pada tahun 1974 dan saat ini telah mempekerjakan sebanyak 1.365 karyawan. Kantor pusat dan pusat produksi ACS di Jakarta berada di area Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Cengkareng. Selain di Jakarta, PT. ACS juga memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia diantaranya adalah Batam, Medan, Makasar, Denpasar, Balikpapan dan Surabaya.

Seluruh cabang ACS saat ini mampu memproduksi sebanyak 65.500 porsi makanan setiap harinya. Sedangkan untuk ACS yang ada di Jakarta mampu memproduksi makanan sebanyak 35.000 porsi setiap harinya. Dalam proses produksinya, ACS telah menerapkan standar internasional sesuai dengan standar ISO 9001 – 2001 (sumber: http://www.balier.info/menu-garuda/acs/acs-html/acs-indo-zwei.html).

(contoh sajian dalam penerbangan Garuda Indonesia)

Selain menyediakan makanan untuk seluruh penerbangan Garuda, ACS juga menyediakan makanan untuk penumpang pada maskapai lainnya baik maskapai domestik maupun maskapai internasional yang terbang dari Indonesia. Maskapai penerbangan domestik yang dilayani oleh ACS diantaranya adalah Merpati Nusantara Airlines, Citylink, Pelita Air Services, Bouraq, Star Air dan lain – lain. Untuk maskapai penerbangan internasional yang menjadi pelanggan PT. ACS saat ini ada sekitar 19 perusahaan penerbangan diantaranya adalah Air China, Cathay Pacific, China Airlines, EVA Air, JAL, Korean Air, Qantas, Qatar Airlines, Saudi Airlines, Malaysian Airlines, Air Asia, Thai Airways, dan lain – lain.

(di depan lobby gedung PT. ACS Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar